Artikel ini berisi semua data, wawasan, dan tren yang Anda perlukan untuk membantu Anda memahami bagaimana orang-orang di Indonesia menggunakan perangkat digital dan layanan digital survey di lakukan pada tahun 2021 dan di rilis pada bulan Februari tahun 2022.
Anda dapat melihat laporan Digital 2022 lengkap dari datareportal.com diatas tentang pengguna perangkat digital dan layanan digital di Indonesia, tetapi mari kita mulai dengan melihat berita utama penting untuk adopsi dan penggunaan digital di Indonesia tahun ini.
Jumlah Penduduk Indonesia Tahun 2022
Jumlah penduduk Indonesia pada Januari 2022 adalah 277,7 juta.
Data menunjukkan bahwa jumlah Indonesia meningkat sebesar 2,8 juta (+1,0 persen) antara tahun 2021 dan 2022.
49,7 persen penduduk Indonesia adalah perempuan, sedangkan 50,3 persen penduduk adalah laki-laki.
Pada awal tahun 2022, 57,9 persen penduduk Indonesia tinggal di pusat kota, sementara 42,1 persen tinggal di daerah pedesaan.
Penduduk Indonesia Berdasarkan Usia
Usia rata-rata penduduk di Indonesia adalah 30,3.
Untuk konteks tambahan, berikut ini adalah bagaimana populasi di Indonesia dikelompokkan berdasarkan kelompok umur:
8,3 persen penduduk Indoneisia berusia 0 sampai 4 tahun
13,9 persen penduduk Indoneisia berusia 5 sampai 12 tahun
8,2 persen penduduk Indoneisia berusia 13 sampai 17 tahun
11,6 persen penduduk Indoneisia berusia 18 sampai 24 tahun
14,9 persen penduduk Indoneisia berusia 25 sampai 34 tahun
14,7 persen penduduk Indoneisia berusia 35 sampai 44 tahun
12,7 persen penduduk Indoneisia berusia 45 sampai 54 tahun
9,0 persen penduduk Indoneisia berusia 55 sampai 64 tahun
6,8 persen penduduk Indoneisia berusia 65 tahun ke atas.
Pengguna Internet Di Indonesia Tahun 2022
Data Pengguna Internet Di Indonesia Tahun 2022
Ada sebanyak 204,7 juta pengguna internet di Indonesia pada Januari 2022.
Tingkat penetrasi internet Indonesia mencapai 73,7 persen dari total populasi pada awal tahun 2022.
Analisis Kepios menunjukkan bahwa pengguna internet di Indonesia meningkat sebesar 2,1 juta (+1,0 persen) antara tahun 2021 dan 2022.
Sebagai gambaran, angka pengguna ini mengungkapkan bahwa 73,05 juta orang di Indonesia tidak menggunakan internet pada awal tahun 2022, artinya 26,3 persen penduduk tetap offline di awal tahun.
Namun, masalah yang berkaitan dengan COVID-19 terus memengaruhi penelitian tentang adopsi internet, sehingga angka pengguna internet yang sebenarnya mungkin lebih tinggi daripada angka yang dipublikasikan ini.
Statistik Media Sosial Untuk Indonesia Tahu 2022
Data Ststistik Pengguna Sosial Media Di Indonesia Tahun 2022
Ada sebanyak 191,4 juta pengguna media sosial di Indonesia pada Januari 2022.
Jumlah pengguna media sosial di Indonesia pada awal tahun 2022 setara dengan 68,9 persen dari total populasi, tetapi penting untuk dicatat bahwa pengguna media sosial mungkin tidak mewakili individu yang unik.
Analisis Kepios mengungkapkan bahwa pengguna media sosial di Indonesia meningkat 21 juta (+12,6 persen) antara tahun 2021 dan 2022.
Pengguna Facebook Di Indonesia Tahun 2022
Pengguna Facebok Di Indonesia 2022
Data yang dipublikasikan dari sumber periklanan Meta menunjukkan bahwa Facebook memiliki 129,9 juta pengguna di Indonesia pada awal 2022.
Namun, Meta membuat perubahan penting pada cara sumber iklannya melaporkan data jangkauan audiens pada akhir tahun 2021 – termasuk membuat revisi signifikan pada data audiens dasarnya untuk Facebook – sehingga angka yang ditampilkan di sini tidak dapat dibandingkan secara langsung dengan angka yang dipublikasikan dalam laporan datareportal.com.
Revisi angka audiens dari Facebook berarti bahwa jangkauan iklan Facebook di Indonesia setara dengan 46,8 persen dari total populasi pada awal tahun 2022.
Namun, Facebook membatasi penggunaan platformnya untuk orang berusia 13 tahun ke atas, jadi perlu juga disoroti bahwa 60,0 persen audiens yang “memenuhi syarat” di Indonesia menggunakan Facebook pada tahun 2022.
Untuk konteks tambahan, jangkauan iklan Facebook di Indonesia setara dengan 63,4 persen dari basis pengguna internet lokal (berapa pun usia) pada Januari 2022.
Pada awal tahun 2022, 44,0 persen audiens iklan Facebook di Indonesia adalah perempuan, sedangkan 56,0 persen adalah laki-laki.
Pengguna Youtube Di Indonesia tahun 2022
Data Pengguna Youtube Di Indonesia 2022
Pembaruan pada sumber data periklanan Google menunjukkan bahwa YouTube memiliki 139,0 juta pengguna di Indonesia pada awal 2022.
Angka ini berarti bahwa jangkauan iklan YouTube tahun 2022 setara dengan 50,0 persen dari total penduduk Indonesia di awal tahun.
Sebagai gambaran, iklan YouTube mencapai 67,9 persen dari total basis pengguna internet Indonesia (tanpa memandang usia) pada Januari 2022.
Saat itu, 46,9 persen penonton iklan YouTube di Indonesia adalah perempuan, sedangkan 53,1 persen adalah laki-laki.
Pengguna Instagram Di Indonesia Tahun 2022
Data Pengguna Instagram Di Indonesia Tahun 2022
Data yang ditampilkan dari sumber periklanan Meta menunjukkan bahwa Instagram memiliki 99,15 juta pengguna di Indonesia pada awal 2022.
Angka ini menunjukkan bahwa jangkauan iklan Instagram di Indonesia setara dengan 35,7 persen dari total populasi di awal tahun.
Namun, Instagram membatasi penggunaan platformnya untuk orang berusia 13 tahun ke atas, jadi ada baiknya mengetahui bahwa 45,8 persen audiens yang “memenuhi syarat” di Indonesia menggunakan Instagram pada tahun 2022.
Perlu diketahui juga bahwa jangkauan iklan Instagram di Indonesia pada awal tahun 2022 setara dengan 48,4 persen basis pengguna internet lokal (tanpa memandang usia).
Pada awal tahun 2022, 52,3 persen audiens iklan Instagram di Indonesia adalah perempuan, sedangkan 47,7 persen adalah laki-laki.
Data Pengguna TikTok Di Indonesia Tahun 2022
Data Pengguna TikTok Di Indonesia 2022
Data yang dipublikasikan di sumber periklanan ByteDance menunjukkan bahwa TikTok memiliki 92,07 juta pengguna berusia 18 tahun ke atas di Indonesia pada awal 2022.
Perhatikan bahwa ByteDance memungkinkan pemasar untuk menargetkan iklan TikTok kepada pengguna berusia 13 tahun ke atas melalui alat periklanannya, tetapi alat ini hanya menampilkan data pemirsa untuk pengguna berusia 18 tahun ke atas.
Untuk konteksnya, angka ByteDance menunjukkan bahwa iklan TikTok mencapai 47,6 persen dari semua orang dewasa berusia 18 tahun ke atas di Indonesia pada awal tahun 2022.
Sementara itu, jangkauan iklan TikTok di Indonesia setara dengan 45,0 persen basis pengguna internet lokal di awal tahun, tanpa memandang usia.
Pada awal tahun 2022, 66,0 persen audiens iklan TikTok di Indonesia adalah perempuan, sementara 34,0 persen adalah laki-laki.
Catatan: Sumber daya periklanan ByteDance hanya mempublikasikan data gender audiens untuk pengguna "wanita" dan "pria".
Kami adalah perusahaan digital marketing yang memberikan layanan berupa web design, SEO, content creator, pembuatan aplikasi Android, dan layanan setting untuk Facebook dan Google Ads.
Easy digital profesional dan sabar bgt mengikuti request dari pelanggan. Waktu pengerjaannya juga cepat, sesuai dengan target kami waktu itu. Hasil karya nya juga oke punya. Recommended bgt lah buat yg butuh jasa web developer.. sukses trus easy digital..!!